Leaving From IT to Change The World

Pernah baca buku yang judulnya “Leaving Microsoft to Change The World”. Hmm mungkin buku tersebut menarik untuk kita baca.
Dimana seorang John Wood yang udah punya jabatan di Microsoft hidupnya masih serasa kurang, hmm beda ama kita kali yach dimana dengan harta yang berlimpah dan ilmu yang banyak didapat dari Microsoft, dia merasa ada yang kurang. Dan akhirnya dia membuat keputusan yang boleh dibilang fantastis, dari seorang punya jabatan menjadi seorang volunteer untuk orang-orang dipedalaman gunung himalaya dengan membuat sebuah perpustakaan.

Hmm, mungkin sedikit inspirasi juga bagi saya bacaan tersebut. Kenapa, akibat dengan jengahnya bekerja di dunia IT. Kenapa coba, let me explain.

Sebenarnya gw lulusan bukan dari yang berbau komputer, but hare gene kalo gaptek IT bisa ketinggalan. Untuk itu lah pada masa kuliahan semester 6 gw mulai baca-baca pemograman, padahal jaman itu di kuliahan gw diajari bahasa Fortran (console). Gila gw emang bego banget di Algoritmanya, udah itu kompi masih mahal man tahun 2000.

Tapi dengan kekuatan seperti naruto says, “I Can’t Pass the Bridge if i not try it, eventough is very hard”. So finally gw coba-coba baca buku2 tutorial pinjem dari temen2 gw. Pemograman yang pertama gw ulik yaitu DHTML. Asli gw gak ngerti banget. But akhirnya “Cikaracak Ninggang Batu, Laun-laun jadi Legok” seperti peribahasa Yunani tersebut dikit2 gw bisa. Coba bayangkan bila gw punya elmu “Taju Kagebutshun No Jutshu”, kayaknya belajar DHTML bisa sejam, hehehe.

Setelah sekian tahun gw baru bisa basic HTML, dan saat itu gw coba2 di kompi gw, maklum masih gak punya Kompi. Trus pernah disodorin dari ade gw buku mengenai PHP. And gw interest untuk bacanya, akhirnya dikit2 coba pelajari elmu baru itu. Dan lumayan baru bisa login doank sederhana.

Hmm entah berapa lama, pas gw mau lulus, biasanya kan suruh presentasi tuh.. Hmm gw pengen presentasi gw gak pake Power Point, karena gw gak mau sama kayak orang. Akhirnya gw coba2 pake HTML dengan digabungin Javascript. Gile Cuy gw ampe 3 bulanan bikin presentasi, udah itu gw harus cari2 tutor di internet, udah itu rentalan mahal man bisa 6000 se-jam. Coba kalo sekarang gw bisa ngenet gratis di Lab Mechatronic Hobbies ato Warnet teman gw. Kan haratis .

Yach finally gw presentasi pake code yang simple buatan gw, and finally gw graduated dengan predikat memuaskan, maklum pas jaman kuliah gw sering bolos apalagi kalo ada pelm Samurai X, udah itu bentrok ama Kuliahan gw. So gw kalo kuliah bisa dibilang cuma 3 kali heheheh.

Cerita tinggal cerita sukurnya udah beberapa bulan lulus gw diterima disalah satu perusahaan b2b, hmm yang gw berkesan gw pas ditest pemograman php nya gak jauh dari program simple yang gw buat. heheh, and singkat ceritanya boss gw juga ternyata semajor dengan gw tapi beda kuliahan, dia di Insitut Ternama di Bandung.

Dari sana lah gw mulai belajar php dikit demi dikit kalo boleh dibilang dari level 1 ampe 10 gw cuma 2 ato tiganya. Tapi karena boss gw bilang lo kerja disini bagaikan lo kuliah lagi sambil digaji, hmmm bener juga dia memberi gw semangat untuk belajar dan belajar.

Perasaan mulai jengah lagi, gw rasa elmu gw masih segini2 akhirnya gw cuba mengapply lagi ke t4 lain, dan sesudah kerja ampir satahun gw diterima di Consultant IT yang terkenal dengan bapak blognya, udah itu t4 gawenya di t4 terkenal kalo di amerika boleh dibilang Silicon Valleynya Indonesia.

Hm disana gw belajar sesuatu yang baru lagi, but disana gw sering ke Client alias belajar Komunikasi. Hmm dan gw entah beberapa bulan gw langsung dijadiin pegawai tetap dari contract. Hmm entah beberapa lama gw dari diri gw mulai terasa jengah lagi, gw bilang pada diri gw kalo cuma gini2 ajah gak bakalan maju gw cuma melototin Kompi.

Akhirnya pas desember 2007, gw pindah ke perusahaan Consumer Goods. And gw blom tau Jobdesk gw, tapi karena gw punya komitment seperti judul diatas gw coba, sebab kerjannya berbau Sales. Hmm bulan2 pertama gw boleh dibilang masih culun and gak gaul, maklum perasaan masih segen. But entah beberapa lama gw enjoy juga pekerjaan gw, sebab disinilah gw bisa berkomunikasi ke banyak orang, gimana caranya Dealing With People, Handling Multi Tasking Job, Time Management, ato kalo ada yang bilang belajar Startegic, Target and Promotion.

And seperti nauruto yang belajar dari dua Sensei yang hebat yaitu Kakashi-Hatake and Jiraiya. Gw juga belajar dari Boss gw yang bener-bener ahli dibidangnya. So gw merasa inilah yang gw cari2, elmu yang gw blom dapet, soalnya disinilah gw digembleng bagaikan di kawah candra di muka , untuk menjadi seseorang yang baru. Sebab dari dunia IT ke Consumer Goods, eventhough gw masih pake elmu di IT nya, but ada mix and match nya kedua elmu tersebut.

udah ach cape tar lanjut lagi …..

4 Komentar

Filed under Curahan Hati

4 responses to “Leaving From IT to Change The World

  1. IMO…. untuk berkembang menurut saya gak perlu berpindah dari perguruan A ke perguruan yang lainnya… toh selama di perguruan A saya masih bisa berkembang saya bakal tetep berguru di perguruan A *hiyaaa kan jadi bahasa persilatan dah*

    Tapi emank untuk mendapatkan sesuatu yang baru itu perlu mencobanya secara langsung…. jadi biasanya saya memperlebar pergerakan sayap saya *Berteman, red*

  2. wah. judul ga sinkron dengan isi.
    imo, harusnya: leaving it for a better me.

    hehe.

  3. Answer for 1.
    Mungkin bagi newbie bwt wa harus pindah2 alias kutu luncat .. Maklum menurut Naruto said “If i can’t passed the bridge i can’t be a Hookage” Wah cuma mimpi wa kali yach .. heheheh
    N untuk pindah2 kan banyak teman soalnya wa di IT pendiem teman banyak di dunia maya, paling ikutan komunitas and kopdar ajah, sedangan di dunia sekarang langsung sering interaksi ama orang jadi belajar ngomong sech hehehe . gitu maklum wa kan pendiem

    Answer for 2.
    Heheh nice title, binun mau kasih apa, yach udah mplesetin ajah jadulnya eh judulnya om … Hmm title yang om kasih nice bwt tulisan wa selanjutnya

    Answer for 1 and 2.
    Ty masukan i’m still newbie in blog

  4. 1.
    ada seorang teman yang sempat berucap:
    ‘migrasi mental, membutuhkan migrasi fisik’

    rasanya ada benarnya juga bila kita menyuritauladani bagenda nabimuhammad. yang juga harus melakukan hijrah (migrasi) demi perjuangan perubahannya.

Tinggalkan Balasan

