Pariwisata School

Dunia pariwisata saat ini sedang mengalami peningkatan kembali, tamu-tamu
asing sudah mulai banyak mengunjungi Indonesia, khususnya Bali. Tentunya
bukan hanya Bali yang harus menjadi tempat tujuan wisata, karena masih
banyak sekali tempat-tempat yang menarik lainnya di Indonesia untuk
dikunjungi oleh wisatawan. Selain tempat yang menarik, maka agar para
wisatawan merasa nyaman untuk tinggal di Indonesia adalah service atau
pelayanan kita yang juga harus baik. Tentunya hotel-hotel akan
mempekerjakan karyawan/i yang memiliki skill atau keterampilan dan nilai
tambah penting lainnya. Beberapa hal yang menjadi nilai tambah penting
tersebut adalah :

1. Attitude
2. Bahasa Inggris
3. Performance

Walupun masih banyak hal-hal lain yang penting perlu dipelajari di bidang
perhotelan. Ketiga hal tersebut di atas sangatlah penting di dunia
perhotelan khususnya, oleh sebab itu para calon tenaga kerja agar dapat
bersaing di industri perhotelan harus memiliki bekal tersebut.

Attitude

Attitude adalah etika, sopan santun dan keramah tamahan, yaitu dalam hal
berbicara, bahasa tubuh, sikap, dan dalam melakukan sesuatu. Perilaku ini
sangatlah diperlukan apabila kita hendak berinteraksi dengan orang lain,
khususnya bagi yang bekerja di bidang jasa perhotelan. Sebenarnya bukan
hanya bidang perhotelan yang memerlukan etika yang baik, di bidang usaha
lain, seperti perbankan dan rumah sakit misalnya, mereka juga membutuhkan
karyawannya yang mampu memberikan pelayanan yang baik kepada para
tamu-tamunya, sehingga tamu tersebut akan merasa puas akan pelayanan yang
diberikan dan tentunya akan membawa dampak yang sangat baik buat perusahaan.
Di kehidupan sehari-hari juga ternyata hal ini sangatlah diperlukan,
misalnya bagaimana berinteraksi dengan teman, keluarga, tetangga, rekan
kerja dan bahkan calon mertua pun akan merasa nyaman apabila melihat anaknya
memiliki teman yang mempunyai etika sopan santun yang baik.

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris saat ini masih merupakan Bahasa Internasional yang digunakan
diberbagai dunia usaha, khususnya perhotelan. Di dunia perhotelan,
berkomunikasi dengan tamu-tamu merupakan hal yang sangat penting. Apabila
seseorang memiliki skill atau keterampilan yang baik di dunia perhotelan,
tentunya ia akan sangat dibutuhkan oleh industri, namun apabila ditunjang
dengan Bahasa Inggris yang baik juga maka sudah barang tentu akan menjadi
lebih baik lagi. Oleh karena itu, kita harus meningkatkan kemampuan
berbahasa Inggris generasi muda-mudi kita dengan membekali pendidikan yang
baik dan lingkungan yang mensupport mereka untuk selalu melatih bahasa
Inggris mereka, karena saat ini kadang-kadang orang yang menggunakan bahasa
Inggris malah ditertawakan atau dianggap sok atau sebagainyaoleh
teman-temannya. Untuk itu kita perlu merubah kebiasaan-kebiasaan tersebut
sehingga mereka harus berani untuk menggunakan atau berlatih berbahasa
Inggris.

Performance

Hal ini terlihat sepele, tetapi sudah barang tentu performance atau
penampilan seseorang secara tidak langsung akan mencerminkan budaya atau
perilaku dirinya pribadi dan juga perusahaan tempat ia bekerja, misalnya
hotel. Hotel yang memiliki karyawan/i yang memiliki penampilan yang baik,
maka pelayanan yang akan diberikan akan baik, budaya perusahaan dan
kesejahteraan karyawan juga akan terlihat baik sehingga sudah barang tentu
akan menarik tamu untuk memilih hotel tersebut secara tidak langsung.
Tamu-tamu akan merasa nyaman dilayani oleh karyawan/i yang berpenampilan
baik atau sedap dipandang. Penampilan karyawan yang baik dapat dilihat dari
ujung rambut sampai dengan ujung kaki yang harus tampak terliohat baik,
yaitu dari rambut yang tertata rapih, lalu tidak memiliki cambang, kumis,
dan jenggot, selalu menggunakan seragam secara lengkap dan sepatu selalu
hitam mengkilap.

Ketiga hal tersebut di atas adalah sama pentingnya, dan apabila ketiga hal
tersebut dimiliki oleh seseorang maka ia akan meraih sukses bekerja di dunia
perhotelan dan atau pariwisata.

Akademi Pariwisata Bogor – BHI

Kampus A

Hotel Salak The Heritage Area

Jl. Ir. H. Juanda No. 8 Bogor

Tep. 0251 – 350333

Kampus B

Jl. Jalak Harupat No. 11 Bogor

Tinggalkan komentar

Filed under Social Engineering

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s